Wikipedia

Search results

Translate

Klepon


Klepon atau kelepon, dikenal di luar Jawa dengan nama onde-onde, adalah sejenis kue tradisional yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar. Klepon diduga berasal dari Jawa, tetapi dikenal pula secara meluas di wilayah-wilayah di Indonesia seperti Sumatra dan Sulawesi, masyarakat Betawi, serta di negeri jiran, Malaysia, Brunei, dan Singapura. Kue ini terbuat dari tepung beras ketan yang umumnya diberi pewarna hijau melalui penggunaan daun pandan atau daun suji. Adonan klepon dibentuk seperti bola-bola kecil dan diberi isian berupa gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Klepon yang sudah masak lalu dibaluri parutan kelapa.
Kue klepon diperkenalkan oleh imigran Indonesia kepada masyarakat Belanda sejak tahun 1950-an. Wajar saja, jika kita akan menemukan kue ini di beberapa restoran Cina, Belanda, dan Indonesia yang disebutkan dalam buku “Indisch Ieven in Netherland” (2006) yang ditulis oleh J. M. Meulenhoff.
Konon kue ini diperkenalkan pertama kali di Negeri Kincir Angin oleh seorang imigran Indonesia yang berasal Pasuruan, Jawa Timur.

Saat itu, klepon tersedia di toko dan restoran Indonesia-Belanda dan etnis Tionghoa.

Asal namanya sendiri diambil dari bahasa Jawa yang berarti "indung telur hewan". Kemungkinan penamaan ini merujuk pada bentuknya yang bulat dan kecil-kecil.

Berikut resep dan cara membuat klepon.com!


Resep klepon ketan isi gula merah
Bahan:

300 gram tepung ketan
1 ½ sdm air daun pandan suji
1 sdt air kapur sirih
½ sdt garam
200 ml air matang
200 gram kelapa parut kasar, kukus

Bahan isi klepon ketan:

200 gram gula merah, serut halus
Langkah-langkah :

1. Campurkan tepung ketan dengan air daun pandan, kapur sirih, dan garam, aduk rata.

2. Tambahkan air sedikit-sedikit hingga adonan bisa dipulung. Diamkan selama 10 menit.

3. Ambil sejumput adonan, pipihkan, beri gula merah serut, bulatkan dan rapatkan.

4. Rebus air dalam panci hingga mendidih. Setelah itu, masukkan bola ketan, masak hingga bola-bola klepon mengapung. Angkat dan tiriskan.

5. Gulingkan bola ketan dalam kelapa parut. Sajikan dalam takir mini atau sudi dari daun pisang. Nikmati klepon ketan isi gula merah yang kenyal ini.

Selamat Mencoba!


Nama : Stella Louise Aurora Christy
Kel/No : 8A/28


Comments